Sunday 23 August 2015

Perawatan Luka Modern "Anatomi fisiologi kulit"

Perawatan Luka Modern 
ANATOMI FISIOLOGI KULIT

Kulit manusia merupakan organ terbesar pada tubuh dengan berat sekitar 16 persen dari seluruh berat badan tubuh manusia. Ketebalan kulit rata rata adalah 0,5mm sampai dengan 5mm dengan rata rata 1mm - 2 mm.

Epidermis terdiri dari beberapa bagian seperti corneum, lucidium,granulosum, spinosum dan basale. Fungsi utama dari epidermis adalah berfungsi sebagai pelindung. Epitel memproduksi melanin yang merupakan pigmen warna. Pada jaringan epidermis tidak terdapat pembuluh darah. Ph jaringan epidermis antara 5-6. Epidermis paling tebal berada pada telapak tangan dan kaki.

Dermis terdiri atas jaringan ikat yang menyokong epidermis dan menghubungkannya dengan jaringan subkutis. Tebal Dermis berbeda-beda dalam setiap bagian tubuhnamun jaringan dermis paling tebal ditemukan pada abdomen.Dermis terdiri dari 2 lapis, lapisan pertama papiler yang tipis dan mengandung jaringan ikat yang longgar, lapisan kedua lapisan retikuler yang tebal dan terdiri dari jaringan ikat padat. Pada jaringan dermis diproduksi kolagen yang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia sehingga mnyebabkan proses penyembuhanluka yang lebih lama. Dermis banyak mengandungpembuluh darah, folikel rambut, kelenjar sebase dan kelenjar keringat. Kualitas kulit tergantung dari banyak tidaknya derivat epidermis didalam dermis.

Papilare
- Analogi dengan sub epitel
- jaringan penunjang longgar
- terdapat serat kolagen
- bentuk seperti jari tangan
- terdapatkapilerdan ujung syaraf
- meissner's
- terdapatpola ornamen pada jempol

Retikulare
-bentuk seperti jala
- jaringan panjang padat
- terdapat serat kolagen
- terdapatpola sulkus/ garis langer's
- insisi pada garis langer's berpengaruh pada penyembuhan

Hypodermis merupakan lapisan dibawah dermis yang terdiri dari lapisan lemak, jumlah dan ukuran berbeda-beda menurut daerah tubuh dan keadaan nutrisi individu

Ns. Abi sufyan harits CWCCA
abi.wci@gmail.com      

No comments:

Post a Comment

iklan perawatan luka

iklan