Sunday 21 February 2016

7 langkah perawatan luka dengan balutan modern (bag2)

7 langkah perawatan luka dengan balutan modern (bag 2)

4. Pencucian luka
Pencucian luka sangat berperan penting dalam perawatan luka modern.
Tanpa tekhnik pencucian yang baik dan benar penyembuhan luka yang optimal tidak dapat tercapai. Saat ini banyak produk produk pencucian luka modern yang hadir di indonesia. Namun namun ada beberapa bahan sederhana yang bisa digunakan seperti rebusan daun jambu biji, air mineral, sabun (usahakan ph netral), dan lauran nacl. Hindari bahan bahan yang dapat merusak luka seperti betadin dan hidrogen peroksida. Hindari merendam luka karena dapat memperparah paparan kuman kuman. Jika infeksi sulit teratasi larutan metronidazole bisa digunakan.
5. Pembersihan slough, biofilm dan jaringan nekrotik
Pada intinya pada luka kronis, jaringan selain berwarna merah harus dibuang. Mulai dari jaringan hitam (necrosis), kuning (slough) dan transparant (bio film). Hebatnya perawat luka profesional adalah mereka dapat melakukan oembuangan jaringan luka tanpa obat bius lho tanpa rasa sakit maupun sakit yang minimal pada beberapa kondisi.
6. Pemilihan dressing/ balutan
Nah ini yang paling menonjol dari perawatan luka profesional. Saat ini banyak sekali jenis bakutan modern yang ada di pasaran. Namun diindonesia masih sedikit lho yang memahami dan tau. Bahkan di rumah sakit rumah sakit besar sekalipun metode perawatan luka masih sangat konvensional. Memang terkesan lebih mahal perawatan luka dengan modern dressing namun penyembuhan yang lebih cepat, perawatan tidak harus setiap hari, resiko amputasi dapat dihindari tentunya sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Jika di hitung hitung sih tetep aja perawatan luka dengan modern dressing lebih ekonomis daripada perawatan luka konvensioanal. Jadi masih tidak mau ditangani perawat kuka profesional?
7. Edukasi
Setelah semua langkah dilakukan dengan baik dan benar insya allah kesembuhan luka kronis dapat tercapai. Namun edukasi penderita selama perawatan penting dilakukan, mudahnya percuma sudah ditangani dengan baik jika penderita kurang mematuhi saran saran terkait kondisi luka yang dialami. Singkatnya selain perawatan luka dengan benar faktor seperti nutrisi. Psikologis penderita harus diperhatikan ya.
Penulis
Ns.abi sufyan harits. S.kep CWCCA
#rumat
Kembali ke bagian satu......

No comments:

Post a Comment

iklan perawatan luka

iklan