Saturday 20 February 2016

Terapi psikososial untuk manajemen stres

1.      TERAPI PSIKOSOSIAL
            Adalah untuk memulihkan kembali kemampuan adaptasi agar yang bersangkutan dapat kembali berfungsi secara wajar dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, diseklah / kapus, tempat kerja, maupun di lingkungab pergaulan sosial.
            Tergantung dari jenis tipe psikososial yang dihadapi sesorang, maka terapi yang diberikan disesuaikan dengan kemampuanya. Teknik terapi psikososial bisa dilakukan dengan cara analisa SWOT ( strength, Weakness, Opportunity, dan Threat ).
a.       Strength
Upaya untuk mencari aspek-aspek yang positif pada diri sesorang yang merupakan kekuatan yang perlu digali dan dikembangkan agar ia mempunyai kemampuan untuk mengatasi stessor psikososial yang sedang dihadapi.
b.      Weakness
Upaya ntuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang merupakan kelemahan atau kekurangan pada diri seseorang. Dengan mengetahui keemahan/ kekurangan itu diupayakan untuk dapat dikompensasi agar faktor tadi tidak menghambat penyelesaian dalam menghadapi stesor psikososial.
c.       Opportunity
Untuk melihat ke depan akan adanya kesempatan atau peluang yang lebih baik untuk dijadikan faktor yang menetukkan keberhasilan penanggulangan stesor psikososial pada diri seseorang.
d.      Threat   

Upaya untuk mengetahui dan menyadari adanya ancaman yang dapat merpakan fakor penganggu bagi penanggulangan stresor.

No comments:

Post a Comment

iklan perawatan luka

iklan